UM Buton
Aplikasi SIPINTER Merupakan Proyek Perubahan Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX

Aplikasi SIPINTER Merupakan Proyek Perubahan Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX

13 Feb 2021 Darmawan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mencegah penyebaran virus Covid-19, mulai Senin, 4 Januari 2021, LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat menerapkan layanan berbasis daring. Layanan daring yang bernama Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi (SIPINTER) ini dapat diakses oleh pengguna layanan LLDIKTI Wilayah IX dari mana saja dan kapan saja.

Melalui surat No. 11013/LL9/KP/2020 tertanggal 30 Desember 2020, Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof. Jasruddin mengumumkan pelayanan di Kantor LLDIKTI Wilayah IX ditutup mulai tanggal 4 Januari sampai dengan tanggal 8 Januari 2021, dan seluruh pegawai akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Kebijakan WFH ini diambil dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang belakangan ini cenderung meningkat di Kota Makassar.

Meskipun seluruh pegawai melakukan WFH, Prof. Jasruddin menjamin pelayanan yang diberikan LLDIKTI Wilayah IX tidak akan terganggu karena LLDIKTI Wilayah IX telah menerapkan pelayanan berbasis daring melalui aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi atau yang biasa disebut SIPINTER. Aplikasi yang diluncurkan pada tanggal 13 Desember 2020 di Hotel Claro Makassar tersebut memudahkan seluruh pengguna layanan baik yang ada di Makassar ataupun di luar Makassar karena mereka dapat mengakses layanan LLDIKTI Wilayah IX kapan saja dan dari mana saja. “Bahkan para dosen dari Pasangkayu di Sulawesi Barat, dari Soroako di Sulawesi Selatan, hingga dari Wakatobi di Sulawesi Tenggara, kini tidak perlu repot lagi menghabiskan uang dan waktu untuk mengurus keperluannya di kantor LLDIKTI Makassar. Semua layanan bisa diakses dari rumah masing-masing”, ujar Prof. Jasruddin.

Aplikasi SIPINTER ini bisa diakses oleh para dosen dan pengguna layanan lainnya melalui website sipinter.lldikti9.id. Di website tersebut, pengguna layanan bisa melihat persyaratan, prosedur dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing layanan. Pengguna layanan juga akan mendapatkan notifikasi melalui email dan whatsapp terkait progress usulan berkas mereka di SIPINTER. Bahkan pengguna layanan dengan mudah dapat melakukan pelacakan status usulan mereka dari website SIPINTER atau melalui aplikasi android LLDIKTI9 MO yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

Prof. Jasruddin menyampaikan bahwa saat ini ada 28 layanan LLDIKTI yang bisa diakses melalui SIPINTER. Layanan SIPINTER ini akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna layanan. Oleh karena itu, Prof. Jasruddin menghimbau para dosen dan pengguna layanan lainnya untuk memberikan feedback dalam bentuk saran dan masukan untuk pengembangan SIPINTER. “Pengguna layanan dapat menghubungi helpdesk SIPINTER melalui WA 08114139990 untuk menyampaikan saran dan masukan, ataupun menyampaikan keluhan dan kendala yang ditemukan saat menggunakan SIPINTER”, ujar Prof. Jasruddin.

Aplikasi SIPINTER ini merupakan Proyek Perubahan Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX, Drs. Andi Lukman, MSi. saat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II pada tahun 2020. SIPINTER juga telah diusulkan ke Ditjen Dikti sebagai Quick Win LLDIKTI Wilayah IX dalam rangka persiapan menjadi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK-WBBM).

untuk mengakses aplikasi SIPINTER bisa langsung klik disini

untuk informasi lengkapnya bisa di lihat di web http://lldikti9.kemdikbud.go.id/